Beranda / Warta / Menteri Agama : Cadar Adalah Keyakinan Yang Harus Dihargai

Menteri Agama : Cadar Adalah Keyakinan Yang Harus Dihargai

Yang Harus Dihargai

Jendelainfo.com – Maraknya dunia informasi saat ini terkadang menjadi sarana untuk menanamkan kebencian terhadap orang lain. Tidak hanya sampai disitu, kebencian kepada seseorang atau kelompok tertentu, bahkan sampai ada yang berujung kepada pelarangan. Seperti yang terjadi pada salah satu Universitas di Tangerang, Banten, seorang ketua Yayasan Universitas tersebut terang-terangan melarang mahasiswa perempuannya memakai cadar. 

Berbeda dengan Menteri Agama, menurutnya memakai cadar adalah bagian dari keyakinan yang harus dihargai.

Tidak dipungkiri, akhir-akhir ini identitas seorang muslim atau muslimah mulai dipermasalahkan, dalam keadaan mayoritas penduduk Indonesia muslimin.

Untuk itu seakan menepis berbagai tuduhan miring penggunaan cadar, Menteri Agama Lukman Hakim Saifudin mengemukakan pendapatnya pada senin (14/08/17) di acara Seminar Internasional di Universitas Al Azhar, Jakarta Selatan. Beliau mengatakan “saya pikir itu lebih pada salah paham. Menurut kita, penggunanaan pakaian cadar itu bagian dari keyakinan, harus dihargai.”

Lebih dari itu, sebenarnya Islam mengajarkan konsekuensi dari dua kalimat syahadat. Didalamnya mengandung keharusan bagi setiap muslim untuk selalu taat dan tunduk dengan perintah Allah dan RasulNya.

Dan diantara bentuk ketaatan kepada Allah dan RasulNya adalah dengan melaksanakan perintah dan meninggalkan larangan Allah dan RasulNya.

Diantara bentuk perintah yang termaktub dalam Al qur’an adalah mengenai pakaian wanita muslimah, Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman :

يٰۤـاَيُّهَا النَّبِيُّ قُلْ لِّاَزْوَاجِكَ وَبَنٰتِكَ وَنِسَآءِ الْمُؤْمِنِيْنَ يُدْنِيْنَ عَلَيْهِنَّ مِنْ جَلَابِيْبِهِنَّ   ۗ  ذٰ لِكَ اَدْنٰٓى اَنْ يُّعْرَفْنَ فَلَا يُؤْذَيْنَ   ۗ  وَكَانَ اللّٰهُ غَفُوْرًا رَّحِيْمًا

“Wahai Nabi! Katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu, dan istri-istri orang mukmin, Hendaklah mereka menutupkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka. Yang demikian itu agar mereka lebih mudah untuk dikenali, sehingga mereka tidak diganggu. Dan Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang.” (Al-Ahzab :  59)

Termasuk bentuk ketaatan seorang muslim terhadap Rabbnya adalah mendahulukan perintah Allah dan RasulNya. Keyakinan yang mantap inilah yang menyebabkan seorang muslim atau muslimah tidak peduli dengan ucapan manusia, termasuk dalam masalah berpakaian.

Maka kita bersyukur kepada Allah, setelah perintah Allah Subhanahu Wa Ta’ala diatas, ternyata Menteri Agama kita selaku pemerintah yang harus di taati dan dimuliakan juga menegaskan bahwa penggunaan cadar merupakan keyakinan seseorang yang harus di hargai.

Baca Juga

balasan untuk orang sabar

KEUTAMAAN DAN BALASAN UNTUK ORANG SABAR

Keutamaan dan Balasan Untuk Orang Sabar – Sabar memiliki banyak keutamaan yang telah Allah ta’ala …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *