Beranda / Ilmu / Nyata Terjadi !! Tarawih Kilat Super Cepat dan Kebenaran Sabda Nabi tentang Sholat seperti “Mematuknya Ayam Jantan”

Nyata Terjadi !! Tarawih Kilat Super Cepat dan Kebenaran Sabda Nabi tentang Sholat seperti “Mematuknya Ayam Jantan”

Jendelainfo.com- Ada fenomena miris sekaligus memprihatinkan mengenai sholat Tarawih kilat yang dilaksanakan di Pesantren Mambaul Hikam Mantenan, Udanawu, Blitar, Jawa Timur.

Apa yang kita lihat dari Video Youtube “Tarawih tercepat di dunia” ternyata juga terjadi di sebuah pesantren di Sumenep, Madura dan Ponpes Al-Qur`aniyyah yang entah berada di daerah mana.

Video-video sholat Tarawih kilat tersebut menjadi viral di YouTube dan menjadi bahan perbincangan para netizen. Bagaimana tidak, sholat tarawih sebanyak 20 rakaat dan dilanjutkan shalat sunah witir 3 rakaat jika biasanya dilakukan hingga minimal satu jam, di sana hanya memakan waktu 7-10 menit saja.

Dalam video yang direkam dari barisan jamaah shalat, tampak pelaksanaan shalat yang tak seperti shalat Tarawih pada umumnya. Gerakan shalat dilakukan dengan sangat cepat dimana tiap satu roka’at sholat bisa dilaksanakan hanya dalam waktu 20 detik.

“Saya ini hanya mengikuti apa yang sudah dilakukan oleh para sesepuh. Kami tidak berani mengubahnya,” ucap KH Diya’uddin Az-Zamzami, pengasuh pesantren Mambaul Hikam, Blitar.

“Do’a, ruku’ kita singkat cukup ‘Subhanallah‘. Lainnya hanya “Allah-Allah” saja. Tahiyyat akhir juga hanya sampai bacaan shalawat untuk nabi Muhammad kemudian salam,” jelas Gus Diya’.

Sungguh nyata terbukti apa yang disabdakan oleh Nabi kita sejak 14 abad yang lalu tentang fenomena sholat kilat dengan super cepat sebagaimana dalam hadits yang diriwayatkan dari Abu Hurairah, Beliau berkata:

نَهَانِيْ خَلِيْلِيْ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ أَنْ أَنْقُرَ فِيْ صَلاَتِيْ نَقْرَ الدِّيْكِ وَأَنْ أَلْتَفِتَ إِلْتِفَاتَ الثَّعْلَبِ وَ أَنْ أُقْعِيَ إِقْعَاءَ الْقِرْدِ

“Rosululloh Shollallaahu ‘alaihi wasallam melarangku sujud dalam sholat (dengan cepat) seperti mematuknya ayam jantan, melarangku berpaling (ke kanan atau ke kiri) seperti berpalingnya musang, dan melarangku duduk iq-aa’ seperti monyet” (H.R Thayalisi, Ahmad, dan Ibnu Abi Syaibah).

Sholat yang dilakukan dengan tergesa-gesa sehingga gerakan ruku’ dan sujud tidak dikerjakan secara thuma’ninah (tenang) bisa menyebabkan sholatnya tidak sah, sebagaimana disebutkan dalam hadits dari Abu Hurairah :

“Bahwasanya Rasulullah shollallaahu ‘alaihi wasallam masuk ke dalam masjid, kemudian masuk pula seorang laki-laki, kemudian laki-laki itu melakukan sholat kemudian mengucapkan salam kepada Nabi shollallaahu ‘alaihi wasallam.

Nabi menjawab salam tersebut kemudian mengatakan kepadanya: ‘Kembalilah ulangi sholat, karena sesungguhnya engkau belum sholat’.

Maka kemudian laki-laki itu mengulangi sholat sebagaimana sholatnya sebelumnya, kemudian ia mendatangi Nabi dan mengucapkan salam, kemudian Nabi mengatakan : ‘Kembali ulangilah sholat karena engkau belum sholat ‘ (Hal ini berulang 3 kali).

Maka kemudian laki-laki itu mengatakan : ‘Demi Yang Mengutusmu dengan kebenaran, aku tidak bisa melakukan lebih baik dari sholatku tadi, maka ajarilah aku’.

Rasul bersabda :’Jika engkau berdiri untuk sholat, bertakbirlah, kemudian bacalah yang mudah bagimu dari Al-Qur’an, kemudian ruku’lah sampai engkau thuma’ninah dalam ruku’,kemudian bangkitlah dari ruku’ sampai engkau thuma’ninah beri’tidal, kemudian sujudlah sampai engkau thuma’ninah dalam sujud, kemudian bangkitlah dari sujud sampai engkau thuma’ninah dalam sujud,kemudian sujudlah sampai engkau thuma’ninah dalam sujud,kemudian bangkitlah sampai engkau thuma’ninah dalam duduk, dan lakukanlah hal yang demikian ini pada seluruh sholatmu “(H.R Bukhari dan Muslim)

Maka wajib bagi kita untuk memperhatikan thuma’ninah dalam sholat dan tidak tergesa-gesa karena hal tersebut merupakan salah satu rukun sholat, yang jika tidak terpenuhi akan menyebabkan sholatnya batal (baik itu sholat wajib maupun sholat Sunnah) sebagaimana dalam hadits di atas Nabi kita memerintahkan kepada orang tersebut untuk mengulangi kembali sholatnya. (AH)

Baca Juga

Minyak Zaitun

Minyak Zaitun, Senjata Ampuh Lawan Kolesterol di Hari Raya

Jendelainfo.com – Lebaran telah tiba. Lapar dan dahaga selama bulan Ramadhan plus perjuangan ‘hidup mati’ saat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *