Beranda / Ilmu / Pemburu Telolet Kecilku

Pemburu Telolet Kecilku

Jendelainfo.com – Di sebuah terminal, tampak beberapa anak berusia kisaran SD atau SMP sedang berkumpul. Mereka bukanlah anak jalanan atau sedang berdagang. Masing-masing dari mereka memegang handphone berkelas lumayan. Siapa mereka? Dan apa yang mereka lakukan?

Pertanyaan di atas serta merta akan terjawab ketika ada bis besar berjalan memasuki terminal. Dengan serempak tanpa dikomando, mereka berhamburan berlari seraya mengaktifkan fitur rekam video hp-nya ke arah bis dengan berteriak “Oom, telolet oom..”. Tak selang lama mereka berteriak, terdengarlah bunyi klakson yang khas dari dalam bis “TELOLET TELOLET..”. Oh, rupanya anak-anak tadi adalah pemburu klakson telolet. Ketika sang supir membunyikan klakson teloletnya, anak-anak pemburu telolet ini pun akan merasakan kesenangan dan keceriaan.
Pembaca yang budiman, aksi anak-anak pemburu telolet ini hampir mereka lakukan setiap hari. Bagi para petugas terminal, fenomena ini sudah biasa, bahkan sebagian calon dari penumpang menilai aksi ini teranggap sebagai tontonan gratis yang menghibur.

Pembaca yang budiman, terlepas dari komentar yang ada, sejatinya kita akan miris melihatnya. Ketika masa muda mereka yang disia-siakan begitu saja . Ibnu Hajar rahimahullah dalam kitab Fathul Bari-nya (1/199) menukil ucapan Al Hasan ibnu Ali ibn Abi Thalib radhiallahu anhu yang pernah mengatakan kepada anak-anaknya, “Pelajarilah oleh kalian ilmu agama! Karena sesungguhnya jika kalian sekarang adalah orang kecil di tengah kaum, maka kelak akan menjadi besar di kalangan mereka. Maka barang siapa yang tidak menghafal, hendaknya dia menulis.”

Pembaca yang budiman, mari kita arahkan anak-anak kita untuk lebih menggunakan waktunya kepada hal yang lebih bermanfaat, karena masa depan mereka adalah tergantung bagaimana mereka memanfaatkan waktunya. Insya Allah. (Ulungtoto)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *