Beranda / Warta / Pemerintah Indonesia Berencana Meningkatkan Hubungan dengan Kerajaan Arab Saudi

Pemerintah Indonesia Berencana Meningkatkan Hubungan dengan Kerajaan Arab Saudi

Jendelainfo.com – Selama ini hubungan dengan Arab Saudi lebih banyak hubungan keagamaan, pendidikan, sosial. Sedangkan untuk hubungan ekonomi tidak begitu besar. Jusuf Kalla menambahkan, selama ini sebagian besar investasi Arab Saudi ada di negara barat dan ada juga di beberapa negara di Afrika. Karenanya pemerintah Indonesia berencana meningkatkan hubungan dengan Kerajaan Arab Saudi.

“Jadi Indonesia tentu sebagai negara yang besar ingin meningkatkan hubungan itu,” ujar Jusuf Kalla di Jakarta, Jumat (24/2).

Jusuf Kalla menambahkan, Indonesia menawarkan kemungkinan kerja sama di sektor ekonomi mulai dari invetasi, pariwisata, keuangan dan perbankan, serta refinary. Tawaran kerja sama ini merupakan kesempatan bagi Indonesia karena Arab Saudi ingin memperbanyak investasi di sektor nonmigas. Apalagi pemerintah saat ini sedang menggenjot pembangunan infrastruktur.

Jalan Menuju Peningkatan Kerjasama Indonesia – Arab Saudi

Sebagaimana pernah diberitakan, Indonesia dan Arab Saudi menutup halaman kegiatan diplomatik 2015 dengan tekad kuat meningkatkan kerja sama ke arah lebih nyata pada tahun-tahun mendatang.

PT Pertamina dan Saudi Aramco, perusahaan minyak dan gas asal Arab Saudi, membuat kesepakatan awal kerja sama sektor energi dengan kontrak investasi senilai lima miliar dolar AS (setara dengan Rp 68,5 triliun), yang menjadi tonggak baru sejarah.

Kedua pihak sepakat membentuk perusahaan patungan. Dengan kepemilikan saham Saudi Aramco sekitar 40 persen hingga 45 persen dan Pertamina menjadi pemilik mayoritas.

Kerja sama dengan Saudi Aramco sebenarnya sudah dijajaki sejak lama untuk melakukan modernisasi tiga kilang guna meningkatkan kerumitan produksi. Ketiga kilang tersebut terletak di Dumai, Cilacap, dan Balongan.

Kesepakatan tersebut merupakan jawaban atas harapan Presiden Joko Widodo yang telah mengunjungi Arab Saudi beberapa waktu lalu. Ia menegaskan pembangunan infrastruktur dan berbagai bidang lainnya di Indonesia membutuhkan investasi dan menilai kalangan pengusaha Arab Saudi dapat terlibat menanamkan modalnya.

Semoga Allah senantiasa memberikan kemakmuran perekonomian dan kesejahteraan pada Arab Saudi, negara yang selama ini dikenal senantiasa komit memperjuangan kepentingan Islam dan Umat Islam di tataran dunia.

Semoga perekomian di Indonesia juga semakin membaik, menguat, dan stabil.

Baca Juga

Tuduhan Terhadap Pemerintah Arab Saudi Yang Tidak Pernah Terbukti

Jendelainfo.com – Berikut ini adalah bagian terakhir rangkaian artikel bantahan terhadap tuduhan berbagai pihak terhadap …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *