Beranda / Kesehatan / Pemerintah: Merokok Membunuhmu

Pemerintah: Merokok Membunuhmu

Jendelainfo.com – Ironis memang, membaca sebuah peringatan atau lebih tepatnya sebuah ancaman yang tercantum dalam salah satu kemasan produk. “Merokok membunuhmu” seperti itulah isi kalimat yang tertera.

Menelisik ungkapan di atas. Kita tahu selama ini jangankan mengancam untuk membunuh seseorang, kata-kata kasar saja bisa dipermasalahkan bahkan bisa diperkarakan.

Namun berberda dengan satu produk ini. Masyarakat luas bebas mendapatkan ancaman. Namun tidak ada satupun dari masyarakat yang melaporkan adanya ancaman atau setidaknya merasa takut dengan ancaman tersebut.

Dalam Islam, kehidupan satu jiwa manusia itu sangat terjaga. Semua pintu yang akan mengantarkan kepada kerusakan sudah tertutup rapat.

Hadits Nabi Shalallahu’alaihi wasallam yang terkenal “Janganlah kamu membahayakan dan jangan pula membuat bahaya” adalah salah satu bentuk penjagaan Islam dalam menutup celah yang akan membahayakan orang lain dan diri sendiri.

Islam sendiri sangat keras ancamannya terhadap orang yang memang dengan sengaja membunuh :

وَمَنْ يَّقْتُلْ مُؤْمِنًا مُّتَعَمِّدًا فَجَزَآؤُهٗ جَهَـنَّمُ خَالِدًا فِيْهَا وَغَضِبَ اللّٰهُ عَلَيْهِ وَلَعَنَهٗ وَاَعَدَّ لَهٗ عَذَابًا عَظِيْمًا
“Dan barang siapa membunuh seorang yang beriman dengan sengaja, maka balasannya ialah Neraka Jahanam, dia kekal di dalamnya. Allah murka kepadanya dan melaknatnya serta menyediakan azab yang besar baginya”. (An-Nisa’ : 93)

Maka kita kembali kepada ungkapan “Merokok membunuhmu” yang tercantum pada sebuah produk rokok. Apakah ungkapan tersebut adalah sebuah ungkapan yang termasuk ancaman?

Terlepas dari itu, tulisan pada kemasan produk tersebut menunjukkan produk tersebut mengandung bahaya yang sangat besar. Namun ironisnya, di negeri ini produk tersebut paling digemari. Menjadi produk paling laris. Kenapa bisa demikian?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *