Beranda / Ilmu / Pencuri Dihakimi Massa: Dosa Pembunuhan Lebih Besar Dibanding Pencurian

Pencuri Dihakimi Massa: Dosa Pembunuhan Lebih Besar Dibanding Pencurian

Jendelainfo.com – Diberitakan bahwa pencuri sepeda motor tewas dihajar massa di Bekasi. Padahal, dosa membunuh lebih besar dari mencuri..!!

Sekesal apapun kita terhadap pencuri, tidak boleh kita main hakim sendiri. Apalagi sampai menjadi sebab pencuri itu mati di hajar.

Terjadi aksi pencurian sepeda motor di Kampung Rawa Panjang, Sepanjang Jaya, Rawa Lumbu, Kota Bekasi. Yang berakibat tewasnya pelaku dihajar massa.

Peristiwa terjadi pada Ahad sore (9/4/17) sekitar pukul 15:00 WIB. Kejadian bermula ada seseorang memakirkan motor Honda Beat berwarna biru dihalaman rumahnya.

Pelaku yang saat itu melihat motor korban, berusaha merusak kunci motor dan membawa kabur motor tersebut, namun aksinya itu diketaui korban. Melihat motornya dibawa kabur korbanpun teriak maling. Pelaku yang membawa motor tersebut berhasil ditangkap massa yang akhirnya menghajarnya hingga pelaku tewas.

Maraknya aksi pencurian bahkan dengan kekerasan membuat kita prihatin, namun tewasnya pencuri di hajar massa sebuah keprihatinan tersendiri, sudah kemana rasa takut terhadap dosa membunuh seseorang dengan sengaja.

Padahal Allah Ta’aala berfirman;

Allah Ta’ala berfirman,

مَنْ قَتَلَ نَفْسًا بِغَيْرِ نَفْسٍ أَوْ فَسَادٍ فِي الْأَرْضِ فَكَأَنَّمَا قَتَلَ النَّاسَ جَمِيعًا وَمَنْ أَحْيَاهَا فَكَأَنَّمَا أَحْيَا النَّاسَ جَمِيعًا

“Barangsiapa yang membunuh seorang manusia, bukan karena orang itu (membunuh) orang lain, atau bukan karena membuat kerusakan dimuka bumi, maka seakan-akan dia telah membunuh manusia seluruhnya. Dan barangsiapa yang memelihara kehidupan seorang manusia, maka seolah-olah dia telah memelihara kehidupan manusia semuanya.” (Al Maidah: 32)

Dan Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda:

لَوْ أَنَّ أَهْلَ السَّمَاءِ وَأَهْلَ الأَرْضِ اجْتَمَعُوا عَلَى قَتْلِ مُسْلِمٍ لَكَبَّهَمُ اللهُ جَمِيعًا عَلَى وُجُوهِهِمْ فِي النَّارِ

“Seandainya penduduk langit dan penduduk bumi berkumpul membunuh seorang muslim, sungguh Allah akan menjerumuskan mereka semua di atas wajah mereka di dalam neraka” (HR. Ath Thabrani) (joko)

Baca Juga

serang kantor polisi dan ditahan pelaku penyaderaan

Pelaku Penyanderaan Ibu dan Anak di Buaran, Didor Polisi

Jendelainfo.com – Pada hari Minggu kemarin (9/4) telah terjadi penjambretan yang berujung penyanderaan di depan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *