Beranda / Internasional / PENUNJUKAN PUTRA MAHKOTA BARU, TAK ADA PERPECAHAN DI DALAM KELUARGA KERAJAAN ARAB SAUDI

PENUNJUKAN PUTRA MAHKOTA BARU, TAK ADA PERPECAHAN DI DALAM KELUARGA KERAJAAN ARAB SAUDI

Jendelainfo.com – Pemegang jabatan Putra Mahkota sebelumnya adalah el-Amir Pangeran Muhammad bin Nayef, 52 tahun. Kiprah dan jasa beliau selama menjadi Putra Mahkota sangat besar. Andilnya dalam memerangi terorisme sangat besar dan mendapat pengakuan dunia internasional.

Rabu 26 Ramadhan 1438 H (21/06/2017) Raja Salman mengumumkan keputusan bahwa el-Amir Pangeran Muhammad bin Salman sebagai Putra Mahkota, setelah sebelumnya jabatan tersebut dipegang oleh el-Amir Muhammad bin Nayef. Keputusan ini setelah melalui proses musyawarah di Badan Baiat Kerajaan di Istana Al-Safa, Makkah pada Rabu (21/6) pagi waktu setempat. Dari 43 anggota Badan Baiat, 31 anggota dalam sidang tersebut setuju Muhammad bin Salman sebagai pemegang jabatan Putra Mahkota menggantikan saudara sepupunya Muhammad bin Nayef.

Baca : RAJA SALMAN MEMILIH ANAKNYA SEBAGAI PUTRA MAHKOTA ARAB SAUDI

Bagi negara Arab Saudi yang kuat stabilitas keamanan dan politiknya, suksesi kepemimpinan seperti ini adalah hal biasa dan tidak menimbulkan konflik.  Seorang profesor studi Timur  di Princeton Nernard Haykel misalnya, dia menyatakan dalam komentarnya, “Beberapa orang memprediksi bahwa ini akan menyebabkan perpecahan dalam keluarga dan perselisihan dan semacam pemberontakan. Namun saya tidak melihat hal itu terjadi.”

Seorang pejabat senior Saudi mengatakan keputusan tersebut diambil karena apa yang dia sebut sebagai keadaan khusus yang disampaikan kepada anggota Dewan Kepatuhan. Dia menambahkan bahwa el-Amir Muhammad bin Nayef mendukung keputusan tersebut dalam sebuah surat yang dikirim kepada raja.

Memang benar, sebagaimana dilansir dalam akun twitter resmi kementrian luar negeri Arab Saudi, mantan Putra Mahkota Muhammad bin Nayef dengan damai dan tulus segera berbaiat (janji setia dan patuh) kepada Putra Mahkota yang baru, yang merupakan adik sepupunya dan lebih muda darinya.

Akun @alekhbariyatv juga merilis video pertemuan dua pangeran tersebut. Tampak dalam video itu el-Amir Pangeran Muhammad bin Nayef menjabat tangan adik sepupunya tanda baiat. Yang disambut penuh penghormatan dan sangat sopan oleh Putra Mahkota yang Baru, el-Amir Muhammad bin Salman. Sungguh pemandangan yang sangat indah dan mengharukan. Menunjukan hubungan yang harmonis, damai, dan sangat jauh dari konflik antara para pimpinan kerajaan di Arab Saudi. Sangat patut menjadi teladan bagi seluruh rakyatnya, termasuk para elit pejabat lainnya.

Rakyat Arab Saudi sangat cinta kepada para pimpinan mereka. “Aku membaiat (berjanji setia dan patuh) kepada Muhammad bin Salman sebagai Putra Mahkota. Sebaik-baik pendahulu untuk sebagai-sebagai pengganti. Terima kasih kepada el-Amir Muhammad bin Nayef atas segala kerja keras Anda selama ini dalam memberikan pelayanan terhadap agama dan negeri Anda, termasuk menghancurkan terorisme.” tulis akun @aali6661

Akun @wa6ani_1 juga menulis : “Terima kasih wahai Tuan, el-Amir Muhammad bin Nayef. Kami memohon kepada Allah untuk senantiasa memberimu kesehatan dan perlindungan. Engkau senantiasa berada di hati kami.”

Menunjukkan rakyat Saudi yang mencintai mantan Putra Mahkota, el-Amir Muhammad bin Nayef dan tak melupakan begitu saja jasa-jasa beliau yang besar selama ini. Sekaligus menunjukkan sambutan rakyat Saudi terhadap Putra Mahkota yang baru, el-Amir Muhammad bin Salman.

Baca Juga

Tuduhan Terhadap Pemerintah Arab Saudi Yang Tidak Pernah Terbukti

Jendelainfo.com – Berikut ini adalah bagian terakhir rangkaian artikel bantahan terhadap tuduhan berbagai pihak terhadap …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *