Beranda / Ilmu / Perilaku Konyol di Hari Ulang Tahun

Perilaku Konyol di Hari Ulang Tahun

Jendelainfo.com – Tak disangka, tiba-tiba beberapa butir telor ayam pecah di kepala bersaman dengan sepelastik terigu yang ditaburkan, gelak tawa dan sorak sorai “Happy birthday, met ulang tahun..” saling bersahutan.

Pembaca jendelainfo.com yang budiman, kejadian di atas kerap kali terjadi, terkhusus di sekolah-sekolah. Aksi ‘ngerjain’ seseorang yang sedang berulang tahun ini terkesan wajar-wajar saja, namun apakah demikian? Tidak! Perbuatan ini tidak wajar, bahkan merupakan sia-sia dan kebodohan.

Seorang muslim hendaknya menjaga dirinya dari semua perkara yang bisa menyakiti orang lain karena Allah berfirman,

《وَالَّذِينَ يُؤْذُونَ الْمُؤْمِنِينَ وَالْمُؤْمِنَاتِ بِغَيْرِ مَا اكْتَسَبُوا فَقَدِ احْتَمَلُوا بُهْتَانًا وَإِثْمًا مُبِينًا》
Artinya:
“Dan orang-orang yang menyakiti kaum mukminin dan mukminat tanpa kesalahan yang mereka perbuat, maka sesungguhnya mereka telah memikul kebohongan dan dosa yang nyata. (Al Ahzab: 58)

Pembaca jendelainfo.com yang budiman, menahan diri dari perbuatan menyakiti atau membuat malu seorang muslim adalah bentuk dari karakter muslim yang baik, sebagaimana hal ini telah disabdakan oleh Rasulullah shallallahu alaihi wasalam,

《المسْلِمُ مَنْ سَلِمَ المسْلِمُوْنَ مِنْ لِسَانِهِ وَيَدِهِ》
Artinya:
“Seorang muslim (yang baik) adalah seorang yang (menjadikan) muslim lainnya bisa selamat dari lisan dan tangannya.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Maka dengan ayat dan hadits di atas hendaknya seorang muslim yang baik tidaklah melakukan tindakan-tindakan dan perilaku konyol yang merugikan orang lain.

Kemudian kita semua hendaknya menyadari, merayakan hari ulang tahun bukanlah perbuatan yang bijak, apapun bentuknya. Bukankah semakin bertambah umur berarti sudah bertambah pula dosa-dosa kita? Bukankah ketika umur kita bertambah berarti ajal dan maut kian mendekat? Jika demikian, pantaslah jika kita katakan bahwa merayakan hari ulang tahun adalah sebuah kekonyolan. Wallahu alam. (Ulungtoto)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *