Beranda / Ilmu / Radium Girls, Sisi Gelap Wanita Pekerja di Industri

Radium Girls, Sisi Gelap Wanita Pekerja di Industri

Jendelainfo.com – Tahun 1917 adalah awal didirikannya perusahaan bernama Radium Corporation. Nama lengkapnya adalah Radium Luminous Material Corporation. Sebuah perusahaan pembuat “Tampilan Berpendar di Tempat Gelap” yang menjadi tempat terjadinya tragedi Radium Girls. Radium Girls adalah cerminan sisi gelap wanita pekerja di Industri.

Radium Corporation menghasilkan cat berpendar. Sejenis cat yang dapat bersinar di tempat gelap. Cat ini menggunakan bahan radio aktif Rodium sebagai zat pemuncul efek berpendar yang terdapat di permukaan Jam Tangan atau Arloji. Saat permukaan arloji tidak terkena cahaya, efek cat ini akan menampilakan pendaran cahaya sehingga angka-angka arloji masih tetap dapat dilihat.

Pekerjaan melukis atau mewarnai angka-angka tersebut dilakukan oleh para pekerja wanita. Para pekerja wanita sejak berkembangnya gerakan Revolusi Industri, ramai menuntut kesetaraan gender. Termasuk di antaranya kesetaraan dalam bidang pekerjaan.

Pekerjaan tersebut dilakukan secara manual. Menggunakan kuas, yang supaya tetap basah dan Radium dapat menempel maka pekerja wanita ini dianjurkan untuk menjilat ujung kuas.

Hasilnya dapat diduga, sebagian Radium, zat yang tergolong radio aktif, tersebut masuk kedalam tubuh di antaranya melalui ludah yang ditelan. Dalam kurun waktu tidak terlalu lama, para wanita pekerja inipun sudah terkontaminasi zat radioaktif yang akhirnya menjadi penyebab kematiannya.

Islam dan Wanita Pekerja

Masalah resiko kematian yang dialami oleh para pekerja wanita tersebut, akibat tidak memperhatikan prosedur keamanan dalam sebuah pekerjaan. Namun terlepas dari itu, ada satu masalah yang patut untuk ditelisik. Yaitu masalah kesetaraan gender dalam pekerjaan.

Seperti yang telah diketahui, revolusi industri berakibat pada munculnya liberalisasi.

(Baca: Revolusi Industri dan Liberalisme)

Salah satu dampak liberalisasi, adalah persoalan persamaan gender, atau dalam bahasa lain emansipasi. Pada praktek nyata, emansipasi ternyata tidak lebih dari ekploitasi terhadap kaum hawa. Sangat sering justru menjerumuskan kaum wanita ke dalam jurang kehinaan dan kenistaan. Fakta yang membuktikan hal ini sangat banyak kita temukan.

Islam, agama yang membawa rahmat bagi alam semesta, termasuk untuk kaum wanita. Islam sangat mengangkat derajat dan sangat memuliakan kaum wanita serta melindungi mereka. Tentu saja dengan tetap menjaga batas-batas kodrat kewanitaan.

Salah satunya adalah aturan bagi wanita untuk berhijab sempurna menutupi seluruh auratnya. Demi menjaga kehormatan dan keselamatan mereka. Allah Ta’ala berfirman,

{يَا أَيُّهَا النَّبِيُّ قُل لِّأَزْوَاجِكَ وَبَنَاتِكَ وَنِسَاءِ الْمُؤْمِنِينَ يُدْنِينَ عَلَيْهِنَّ مِن جَلَابِيبِهِنَّ ۚ ذَٰلِكَ أَدْنَىٰ أَن يُعْرَفْنَ فَلَا يُؤْذَيْنَ ۗ وَكَانَ اللَّهُ غَفُورًا رَّحِيمًا} [الأحزاب : 59]

Wahai Nabi! Katakanlah kepada istri-istrimu dan anak-anak perempuanmu, serta kepada istri-istri kaum mukminin, “Hendaklah mereka menutupkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka.” Yang demikian itu agar mereka lebih mudah untuk dikenali, sehingga mereka tidak diganggu. Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang. (QS. Al-Ahzab: 59)

Islam juga memberikan perlindungan kepada kau wanita dalam bentuk :

{وَقَرْنَ فِي بُيُوتِكُنَّ وَلَا تَبَرَّجْنَ تَبَرُّجَ الْجَاهِلِيَّةِ الْأُولَىٰ ۖ وَأَقِمْنَ الصَّلَاةَ وَآتِينَ الزَّكَاةَ وَأَطِعْنَ اللَّهَ وَرَسُولَهُ ۚ } [الأحزاب : 33]

Dan hendaklah kalian (wahai kaum wanita) tetap di rumah kalian, dan janganlah kalian berhias dan (bertingkah laku) seperti orang-orang jahiliah dahulu. Laksanakanlah shalat, tunaikanlah zakat dan taatilah Allah dan Rasul-Nya. (QS. Al-Ahzab: 33)

Islam tidak melarang wanita untuk bekerja di luar rumah selama terpenuhi syarat-syaratnya. Islam sangat menjaga kehormatan wanita. Islam mengagungkan wanita. Islam mendudukkan Ibu tiga kali lebih tinggi dibandingkan Bapak dalam hal bakti anak kepada orang tua.

Maka, tidak sepantasnya bagi seorang wanita untuk merendahkan dirinya.

Baca Juga

revolusi industri

Revolusi Industri dan Liberalisme

Jendelainfo.com – Revolusi Industri adalah perubahan yang cepat di bidang ekonomi yaitu dari kegiatan ekonomi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *