Beranda / Ilmu / Sikap Seorang Muslim Terhadap Sahabat Nabi

Sikap Seorang Muslim Terhadap Sahabat Nabi

Jendelainfo.com – Seorang muslim yang benar dan jujur keimanannyaa akan senantiasa mencintai para sahabat Rasulullah shallallahu alaihi wasallam. Para sahabat Rasulullah shalallahu alaihi wasallam adalah orang-orang yang Allah beri keutamaan untuk beriman kepada Allah dan menjadi sahabat nabi-Nya.

Allah Subhaanahu wata’aala berfirman:

وَالسَّابِقُونَ الأَوَّلُونَ مِنَ المُهَاجِرِينَ وَالأَنصَارِ وَالَّذِينَ اتَّبَعُوهُمْ بِإِحْسَانٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمْ وَرَضُوا عَنْهُ وَأَعَدَّ لَهُمْ جَنَّاتٍ تَجْرِي تَحْتَهَا الأَنْهَارُ خَالِدِينَ فِيهَا أَبَدًا ذَلِكَ الْفَوْزُ الْعَظِيمُ

“Orang-orang yang terdahulu lagi yang pertama-tama (masuk Islam) dari golongan Muhajirin dan Anshar dan orang-orang yang mengikuti mereka dengan baik, Allah ridha kepada mereka dan merekapun ridha kepada Allah dan Allah menyediakan bagi mereka surga-surga yang mengalir sungai-sungai di dalamnya selama-lamanya. Mereka kekal di dalamnya. Itulah kemenangan yang besar.”(QS. At-Taubah:100)

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

لاَ تَسُبُّوا أَصْحَابِي فَلَوْ أَنَّ أَحَدَكُمْ أَنْفَقَ مِثْلَ أُحُدٍ ذَهَبًا مَا بَلَغَ مُدَّ أَحَدِهِمْ ، وَلاَ نَصِيفَهُ

“Janganlah kalian mencela sahabatku, kalau seandainnya salah seorang dari kalian menginfakkan emas sebesar gunung Uhud, tidak akan mencapai satu mud dari salah seorang mereka dan tidak juga setengahnya.” (HR. Bukhari-Muslim)

Sikap seorang muslim yang benar yaitu mencintai para sahabat, menyebut-nyebut kebaikkan mereka, mendoakan agar senantiasa mendapat limpahan rahmat, memintakan ampunan kepada Allah untuk mereka, menahan lisan kita dari dari mencela mereka dan mengakui keutamaan mereka.

Sikap seorang muslim yang benar berbeda dibandingkan sebagian kelompok sempalan pencela para sahabat bahkan mengkafirkan sebagian besar diantaranya. Mereka melaknat para sahabat dan merendahkannya. (Joko)

Baca Juga

Masjid Istiqlal Bosnia

Masjid Istiqlal Bosnia Saudara Masjid Istiqlal Jakarta

Jendelainfo.com – Pernah mendengar nama masjid Istiqlal? Masjid Istiqlal berdiri kokoh di Jakarta sebagai salah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *