Beranda / Tips / Bisnis dan Keuangan / Strategi Membidik Pasar: Segmenting, Targeting, Positioning

Strategi Membidik Pasar: Segmenting, Targeting, Positioning

Jendelainfo.com – Pada akhirnya pasar merupakan akhir tujuan produk atau jasa yang kita tawarkan. Di sana kita harapkan pundi-pundi laba diperoleh. Berbagai usaha membidik pasar dilakukan pengusaha supaya produk maupun jasanya dapat diterima pasar.

Masuk ke dalam pasar memerlukan strategi tersendiri. Tidak setiap produk maupun jasa dapat begitu saja diterima setelah diluncurkan. Adakalanya meski sumberdaya yang digunakan sudah cukup besar, hasil yang diperoleh tidak selalu sesuai dengan harapan. Iya, kewajiban kita hanya berusaha. Tetapi sudah sejauh mana kita berusaha

Menentukan Pasar yang Dibidik

Strategi yang umum digunakan untuk menentukan atau membidik Pasar bagi produk maupun jasa yang ditawarkan adalah dengan menerapkan prinsip STP.

Apa itu STP? STP merupakan singkatan dari istilah dalam Bahasa Inggris yaitu Segmenting, Targeting, dan Positioning. Dalam bahasa kita ini adalah Segmen atau Segmentasi, Target atau Sasaran, dan Posisi.

Membagi pasar dalam beberapa segmen. Misal, produk yang kita tawarkan adalah makanan berupa roti. Bagaimana anda membagi segmennya?

Kita dapat lakukan segmentasi pasar berdasarkan Usia, Tingkat Penghasilan, Tingkat Pendidikan, atau yang lainnya.

Selanjutnya penentuan target atau sasaran. Setelah membagi menjadi beberapa segmen, silahkan ditentukan segmen mana yang hendak dibidik.

Semisal anda membagi segmen Usia maka akan ada segmen anak-anak, remaja, dewasa, dan seterusnya. Tentukan yang mana sasaran anda.

Langkah terakhir adalah menentukan posisi. Katakanlah Anda mengambil segmen remaja. Anda perlu tahu karakter segmen tersebut terhadap roti pilihannya. Apakah mereka remaja yang hidup di kota, di desa? Apakah mereka terbiasa makan roti? Apakah mereka suka roti bermerk? Dan seterusnya.

Di tahap ini anda perlu menilai situasi dan kondisi pesaing Anda di segmen terpilih. Anda dapat lakukan analisa SWOT Di sini. Hasil penilaian ini akan menentukan posisi yang akan anda ambil dibandingkan pesaing.

Posisi dimaksud misalnya Anda memutuskan apakah roti buatan anda akan lebih enak, atau lebih besar, atau lebih murah, atau kemasannya lebih menarik dibandingkan pesaing.

Selamat mencoba menentukan Pasar bagi produk dan jasa anda. (WIS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *