Beranda / Ilmu / Tahukah Anda bahwa Belajar dan Berlatih Menembak Termasuk Bimbingan Islam?

Tahukah Anda bahwa Belajar dan Berlatih Menembak Termasuk Bimbingan Islam?

Jendelainfo.com – Tahukah Anda bahwa belajar dan berlatih menembak itu termasuk bimbingan Islam? Hobi atau olahraga menembak bukanlah sesuatu yang asing bagi kita. Alasan untuk menekuninya pun beragam. Meskipun begitu, ada juga di antara kita yang memilih hobi atau olahraga lain karena beberapa alasan. Mungkin ada sebagian orang yang menganggap bahwa olahraga menembak merupakan hobi mahal. Sebagian lagi mungkin beranggapan bahwa belajar menembak hanya untuk unjuk keberanian. Padahal lebih dari itu bahwa belajar dan berlatih menembak itu termasuk bimbingan Islam.

Belajar dan Berlatih Menembak Merupakan Bimbingan Islam

Rasulullah Shallahu ’alaihi wa sallam bersabda:

عَلَيْكُمْ بِالرَّمْيِ ، فَإِنَّهُ خَيْرٌ لَعِبِكُمْ

‘Hendaknya kalian latihan melempar karena itu permainan yang paling bagus bagi kalian” (HR. Al Bazzar, Al ‘Athar, Ath Thabrani).

Ar ramyu secara bahasa: ramaa asy syai-a artinya ‘melempar sesuatu’. Para Ulama’ telah menerangkan makna الرمي yang disebutkan dalam hadits di atas termasuk padanya menembak. Sehingga tidaklah dibatasi hanya kepada menembak dengan menggunakan panah atau tombak; namun termasuk juga menembak dengan senapan atau lebih canggih darinya. Wallahu A’lam.

Nabi Shallallahu ’alaihi wasallam bersabda:

اللهْوُ في ثلاثٍ : تأديبُ فرَسِكَ ، و رمْيُكَ بِقوسِكِ ، و مُلاعَبَتُكَ أهلَكَ“

Lahwun (yang bermanfaat) itu ada tiga: engkau menjinakkan kudamu, engkau menembak panahmu, engkau bermain-main dengan isterimu” (HR. Ishaq bin Ibrahim Al Qurrab)

Bermain itu perkara mubah, namun hendaknya memilih permainan yang bermanfaat dalam pandangan syar’i. Tidak hanya sampai disitu, bahkan Islam memandang tercelanya bagi orang yang meninggalkan latihan melempar (menembak).

Sudah Pernah Belajar dan Berlatih Menembak?

Dari Uqbah bin Amir radhiallahu anhu dia berkata: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

مَنْ عَلِمَ الرَّمْيَ ثُمَّ تَرَكَهُ فَلَيْسَ مِنَّا أَوْ فَقَدْ عَصَى

“Barangsiapa yang tahu cara melempar (menembak) lalu dia meninggalkannya maka dia bukan golongan kami atau sungguh dia telah bermaksiat.” (HR. Muslim)

Nabi Shallallahu ’alaihi Wasallam bersabda:

من تعلَّم الرميَ ثم نسِيَه ؛ فهي نعمةٌ جحَدها

“Barangsiapa yang belajar melempar (menembak) lalu ia melupakannya, maka itu termasuk nikmat yang ia durhakai” (HR Thabrani)

Bahkan tidak mengapa untuk diadakan perlombaan menembak dan diberikan hadiah padanya. Hal ini agar manusia lebih bersemangat dalam berlatih dan berupaya memiliki keahlian menembak. Karena Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

لَا سَبَقَ إِلَّا فِي نَصْلٍ أَوْ حَافِرٍ أَوْ خُف

“Tidak ada sabaq (hadiah dalam perlombaan) kecuali dalam lomba menembak, kuda dan unta. (HR. Nasai).

Maka belajar dan berlatih menembak merupakan salah satu kegiatan bermanfaat. Tidak harus dengan biaya mahal. Melempar dengan panah dan tombak termasuk menembak. Sebagaimana menembak dengan senapan. Tentu saja itu semua ada tata tertib dan peraturan penggunaannya di negeri ini.

Bagi saudaraku muslim, silakan mencoba belajar dan berlatih menembak. Sangat bermanfaat insya Allah. Sekaligus dengan ini, Anda menjalankan salah satu bimbingan Islam.

BACA JUGA :

  1. Prosedur Pengurusan Ijin P-IRT

  2. Heran, Begini Cara Berpikir GP Anshor

  3. Radium Girls, Sisi Gelap Wanita Pekerja di Industri

Baca Juga

Kenapa Agama Islam Memberikan Perhatian Besar Terhadap Menembak?

Jendelainfo.com – Perlu untuk diketahui bahwa agama Islam menaruh perhatian yang sangat besar terhadap berbagai …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *