Beranda / Ilmu / Mengapa Taqwa Menjadi Kunci Kejayaan Umat di Dunia dan Akhirat?

Mengapa Taqwa Menjadi Kunci Kejayaan Umat di Dunia dan Akhirat?

Jendelainfo.com – Kata “Taqwa” sudah sangat akrab di pendengaran kita. Para Ulama, Da’i, Ustadz, Khatib, dan Muballigh pun sangat sering, mengulang-ulang, kata “taqwa”.

Apabila engkau membaca Al-Qur’an Al-Karim dari awal hingga akhir dengan penuh tadabbur dan tafakkur, niscaya engkau akan mendapati bahwa Taqwa merupakan sebab  dan kunci segala kebaikan, sekaligus merupakan puncak segala kebaikan di dunia dan di akhirat.

Dan sebaliknya, musibah, bencana, dan malapetaka datang  menimpa akibat meremehkan taqwa.

Manusia membutuhkan rizki yang halal dan baik (halalan thayyibah) di dunia ini. Sebagaimana pula dia mendambakan kenikmatan dan kebahagiaan yang kekal di akhirat kelak. Kenikmatan di akhirat merupakan kenikmatan terbesar, tidak ada lagi kenikmatan yang melebihinya. Tidak ada cara untuk meraih itu semua kecuali dengan taqwa. Allah Ta’ala berfirman,

وَمَنْ يَتَّقِ اللَّهَ يَجْعَلْ لَهُ مَخْرَجًا * وَيَرْزُقْهُ مِنْ حَيْثُ لا يَحْتَسِبُ
“Barangsiapa yang bertaqwa kepada Allah, pasti Dia jadikan untuknya jalan keluar (dari segala kesulitan/problem yang menghimpit), dan pasti Dia berikan rizki kepadanya dari arah yang tidak dia sangka.” (QS. Ath-Thalaq: 2-3)

Kaum muslimin sangat membutuhkan pertolongan Allah atas musuh-musuhnya dan diselamatkan dari makar-makar jahat mereka. Tidak ada cara untuk meraihnya kecuali dengan taqwa. Allah Ta’ala berfirman,

وَإِنْ تَصْبِرُوا وَتَتَّقُوا لا يَضُرُّكُمْ كَيْدُهُمْ شَيْئًا إِنَّ اللَّهَ بِمَا يَعْمَلُونَ مُحِيطٌ
“Apabila kalian bersabar dan bertaqwa, niscaya tipu daya mereka tidak mendatangkan kemudharatan sedikitpun kepada kalian. Sesungguhnya Allah mengetahui segala apa yang mereka kerjakan.” (QS. Ali Imran: 120)

Syarat Kemenangan dan Kejayaan

Apabila kaum muslimin menginginkan kemenangan, keperkasaan, dan kejayaan di dunia maupun di akhirat, serta jalan keluar dari kesulitan, kemudahan urusan, diampuni dosa-dosa, serta sukses meraih surga, maka tidak ada jalan untuk meraih itu semua kecuali dengan taqwa. Allah Ta’ala berfirman,

وَمَنْ يَتَّقِ اللَّهَ يَجْعَلْ لَهُ مِنْ أَمْرِهِ يُسْرًا
“Barang siapa yang bertaqwa kepada Allah, niscaya Allah menjadikan baginya kemudahan dalam urusannya.” (QS. Ath-Thalaq: 4)

إِنَّ لِلْمُتَّقِينَ عِنْدَ رَبِّهِمْ جَنَّاتِ النَّعِيمِ
“Sesungguhnya bagi orang-orang yang bertaqwa (disediakan) surga-surga yang penuh kenikmatan di sisi Tuhannya.” (QS. Al-Qolam: 34)

(Ahmad)

Baca Juga

Ilustrasi Buah dari Bertakwa

Inilah Buah dari Bertakwa Kepada Allah

Jendelainfo.com – Bertakwa kepada Allah adalah dengan menjalankan perintah-Nya, dari mentauhidkan Allah, sholat lima waktu, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *