Beranda / Ilmu / Tata Cara Menghilangkan Najis

Tata Cara Menghilangkan Najis

Jendelainfo.com – Para pembaca jendelainfo.com yang kami hormati, pada artikel yang lalu kita sudah membahas tentang pengertian najis dan macam-macamnya. Najis adalah sesuatu yang dianggap kotor oleh orang yang memiliki tabi’at yang selamat (baik) dan selalu menjaga diri darinya.

(Baca: Definisi Najis dan Jenis-jenisnya)

Berikut ini kita akan membahas tentang tata cara menghilangkan najis. Namun sebelum kita membahas itu, ada beberapa hal penting untuk kita ketahui terkait dengan tatacara menghilangkan najis diantaranya:

Pertama: Jika ada penjelasan khusus dari al-Qur’an atau hadits Nabi yang shahih tentang cara menghilangkan suatu najis tertentu, kita wajib mengikuti cara tersebut tanpa menyelisihinya sedikit pun, tanpa menambah atau menguranginya. Misalnya, cara menyucikan wadah yang dijilat oleh anjing.

Kedua: Jika tidak ada penjelasan khusus tentang cara menghilangkan suatu najis padahal ada dalil yang menegaskan kenajisannya, zat najis tersebut wajib dihilangkan semaksimal mungkin sampai tidak tersisa bau, warna, dan rasanya.

Tata cara menghilangkan najis

Tata cara menghilangkan najis (membersihkan) sesuai tuntunan Rasulullah shalallohu’alaihi wasallam:

1. Membersihkan kulit bangkai dengan samak. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

أَيُّمَا إِهَابٍ دُبِغَ فَقَدْ طَهُرَ.

“Kulit apa saja yang disamak, maka ia menjadi suci.” (HR. Ibnu Majah dan at Tirmidzi)

2. Membersihkan bejana yang dijilat anjing

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

طُهُوْرُ إِنَاءِ أَحَدِكُمْ إِذَا وَلَغَ فِيْهِ الْكَلْبُ أَنْ يَغْسِلَهُ سَبْعَ مَرَّاتٍ أُوْلاَهُنَّ بِالتُّرَابِ.

“Sucinya bejana salah seorang di antara kalian jika dijilat anjing adalah menyucinya sebanyak tujuh kali. Yang pertama dicampur dengan tanah.” (HR. Bukhari dan Muslim)

3. Membersihkan baju yang terkena darah haidh

Dari Asma’ binti Abi Bakar radhiyallahu anhu, ia berkata, “Telah datang seorang wanita kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam lalu berkata, ‘Pakaian salah seorang di antara kami terkena darah haid, apakah yang harus dia lakukan?’

Beliau bersabda:

تَحُتُّهُ ثُمَّ تَقْرُصُهُ بِالْمَاءِ ثُمَّ تَنْضَحُهُ ثُمَّ تُصَلِّي فِيْهِ.

“keriklah, gosok dengan air, lalu guyurlah. Kemudian (boleh) shalatlah dengannya.” (HR. Bukhari dan Muslim)

4. Membersihkan pakaian yang terkena kencing bayi laki-laki yang belum makan apa-apa selain ASI.

Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

يُغْسَلُ مِنْ بَوْلِ الْجَارِيَةِ، وَيُرَشُّ مِنْ بَوْلِ الْغُلاَمِ.

“Dicuci (pakaian/baju) yang terkena kencing bayi perempuan. Sedangkan air kencing bayi laki-laki diperciki.” (HR. An Nasa’i)

5. Membersihkan pakaian yang terkena madzi

Dari Sahl bin Hunaif, ia berkata, “Dahulu aku biasa mendapati kesulitan dan kepayahan karena madzi. Aku sering mandi karenanya. Lalu aku utarakan masalahku ini kepada Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam. Beliau bersabda, “sesungguhnya cukup bagimu hanya dengan berwudhu.” Aku berkata, “Wahai Rasulullah, bagaimana dengan madzi yang mengenai pakaian saya?” Beliau bersabda:

يَكْفِيْكَ أَنْ تَأْخُذَ كَفًّا مِنْ مَاءٍ فَتَنْضَحُ بِهِ ثَوْبَكَ، حَيْثُ تَرَى أَنَّهُ قَدْ أَصَابَ مِنْهُ.

“Cukup bagimu mengambil setelapak air lalu guyurkan (percikkan) pada pakaianmu yang terkena olehnya sampai kamu melihat air itu membasahinya.” (HR. Ibnu Majjah dan at Tirmidzi)

6. Membersihkan tanah.

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu anhu, ia berkata, “Telah berdiri seorang Arab Badui di (pojok) masjid lalu kencing. Para shahabat hendak menghentikannya, lalu Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata kepada mereka:

دَعُوْهُ، وَهَرِيْقُوْا عَلَى بَوْلِهِ سَجْلاً مِنْ مَاءٍ -أَوْ ذَنُوْباً مِنْ مَاءٍ- فَإِنَّمَا بُعِثْتُمْ مُيَسِّرِيْنَ وَلَمْ تُبْعَثُوْا مُعَسِّرِيْنَ.

“Biarkan dia (sampai selesai). Guyurkan setimba atau seember air pada kencingnya. Sesungguhnya kalian diutus untuk memudahkan, bukan untuk menyusahkan.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Demikianlah penjelasan sederhana terkait tata cara membersihkan najis. (Joko)

Baca Juga

bejana

Cara Mensucikan Pakaian yang Terkena Najis Darah Haid

Jendelainfo.com – Pembaca yang kami hormati, najis adalah sesuatu yang kita harus menjauhinya agar tidak …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *