Beranda / Warta / Televisi dan Media Sosial Membuat Anak Rentan Cuci Otak

Televisi dan Media Sosial Membuat Anak Rentan Cuci Otak

Jendelainfo.com – Arus informasi yang begitu deras dan terbukanya berdampak negatif terhadap perilaku generasi muda dan masyarakat. Baik lewat media cetak, internet, TV, film, SMS, MMS dan media elektronik lainnya. Kondisi itu kian parah dengan tidak adanya saringan atau penghambat arus informasi yang begitu terbuka. Di antara merke yang berhadapan dengan persoalan ini, anak-anak berada dalam posisi paling rentan cuci otak.

Bagi masyarakat Indonesia, yang mayoritas beragama Islam, diperlukan ketahanan akhlak untuk dapat membentengi diri generasi muda. Jika tidak, generasi muda berada di ujung tanduk.

Usia anak-anak adalah usia emas. Di usia ini mereka banyak belajar dan mudah menyerap serta merekam kejadian di sekitarnya.

Ketika berbagai hal baik yang diperolehnya, maka dapat diharapkan hal tersebut akan bertahan hingga dewasa dan menjadi bagian dari kepribadiannya. Begitu pula apabila yang terjadi sebaliknya. Semua atas ijin Allah.

Selama sepekan terakhir, media sosial memuat beberapa pesan radikalisme dan kebencian yang tampak diutarakan anak-anak.

Ada video anak-anak berseragam sekolah dasar yang membela bendera kelompok yang menyebut diri Negara Islam (ISIS) dan ada pula video yang mempertontonkan olah raga kekerasan, dan ilustrasi tindak kriminal pelaku kejahatan yang adakalanya ditayangkan secara vulgar. Anak-anak mudah sekali meniru itu semua karena masa mereka memang masa meniru, belum mampu memilah dan memilih Informasi.

Sebelum ramai pemberitaan terkait ISIS, sempat juga dunia pendidikan diramaikan berita anak-anak yang cedera ketika meniru gerakkan gulat bebas “smack Down” di televisi.

Maka butuh perhatian dan kepedulian bersama untuk menghindarkan serta menjauhkan anak-anak dari segala sumber yang dikhawatirkan membawa dampak negatif besar seperti media sosial dan televisi.

Baca Juga

anak umur 13 tahun tenggelam

Anak Umur 13 Tahun Tenggelam di Semarang

Jendelainfo.com – Musibah siapa yang tahu, semua sudah ditakdirkan oleh Allah. Maka kewajiban bagi kita …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *