Beranda / Ilmu / Tiga Hal Ini Berguraunya Dianggap Serius

Tiga Hal Ini Berguraunya Dianggap Serius

Jendelainfo.com – Bergurau atau bercanda merupakan di antara bumbu dalam pergaulan sehari-hari. Hal itu terkadang diperlukan tidak sekedar untuk menghilangkan kejenuhan tetapi juga dapat menciptakan keakraban, menumbuhkan perasaan sayang, dan juga ikatan emosional dengan ijin Allah. Meskipun begitu di dalam ajaran agama Islam segala sesuatunya telah diatur. Sebagai wujud kesempurnaan ajaran Agama Islam, bahkan bergurau pun ada aturannya.

Sering terjadi di masyarakat, bahwasannya di dalam bercanda, ada anggapan sah saja orang melakukan kebohongan, kedustaan, atau bahkan ancaman. Padahal tidak demikian adanya. Berikut ini di antara bimbingan agama Islam dalam bercanda. Perhatikanlah, adakalanya bercanda atau bergurau dapat menjadi hal yang serius.

Tiga Hal yang Berguranya Sama dengan Seriusnya

Banyak orang yang melampaui batas  dalam bergurau, sampai pada hal-hal yang tidak boleh seseorang bergurau padanya yaitu dalam masalah nikah, talak dan rujuk. Tentang hal ini Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

ثَلاَثٌ جِدُّهُنَّ جِدٌّ وَهَزْلُهُنَّ جِدٌّ النِّكَاحُ وَالطَّلاَقُ وَالرَّجْعَةُ

“Tiga perkara yang sungguhnya mereka dianggap sebagai kesungguhan dan yang sendaguraunya dianggap sebagai sungguhan, nikah, talak dan rujuk” (HR. Abu Dawud, at-Tirmidzi dan Ibnu Majah).

Di antara fenomena yang tak jarang kita temui, ada sebagian suami  yang belebihan dalam bersendagurau dengan bentuk menalak istrinya, dengan berkata kamu saya cerai/talak dengan tidak bermaksud menjatuhkan talak hanya sekedar bercanda atau bersendagurau.

Tentang hal ini masyoritas ulama  mengatakan talaknya jatuh atau teranggap  berdasarkan hadits di atas. Oleh karena itu diperingatkan bagi kaum muslimin untuk berhati-hati dalam berucap apalagi bersendagurau dalam tiga hal di atas. Bukankah Nabi kita telah memberikan bimbingan bagi kita untuk berbicara yang baik atau diam.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَنْ كَانَ يُؤْمِنُ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ اْلآخِرِ فَليَقُلْ خَيْرًا أَوْ لِيَصْمُت

“Barang siapa yang beriman kepada Allah dan Hari Akhir maka hendaklah ia berkata baik atau hendaklah ia diam.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Bersendagurau dengan menalak istrinya termasuk perkataan yang tidak baik, perkataan yang mengandung konseukuensi yang besar, untuk dirinya dan istrinya. Maka jangan sekali-kali bersendagurau denganya. (Joko)

Baca Juga

wni ditangkap

Bercanda tentang Bom, WNI Ditangkap di Saudi

Jendelainfo.com – Telah datang peringatan dari Rasulullah shalallahu alaihi wasallam, ‏“‏ وَيْلٌ لِلَّذِي يُحَدِّثُ بِالْحَدِيثِ …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *