Beranda / Tips / Bisnis dan Keuangan / Tips Menyusun Proyeksi Bisnis – 1

Tips Menyusun Proyeksi Bisnis – 1

Kebanyakan pemula, mengawali usahanya dari sekedar coba-coba. Sesuatu yang tidak dilarang, tetapi sebaiknya dihindari.

Larangan coba-coba tidaklah bersifat mutlak. Sekedar sebuah nasehat supaya pengusaha pemula mempersiapkan diri terhadap dua buah kemungkinan bisnis yang pasti ada. Kalau bukan keuntungan yang diraih, ya kerugian yang didapat.

Di antara hal yang berguna untuk diketahui tentang persiapan memulai usaha adalah penyusunan proyeksi bisnis.

Proyeksi bisnis tidak sekedar bicara tentang keuntungan tetapi juga keberlangsungan sebuah usaha. Dan berikut ini beberapa poin yang dapat dipertimbangkan untuk dilakukan dalam menyusun proyeksi bisnis.

Tentukan lama waktu usaha sebelum diharapkan memperoleh keuntungan. Biasanya, hingga tiga bulan pertama hanya ada biaya pengeluaran.

Tentukan awal waktu mulai memperoleh pemasukan. Dikatakan pemasukan karena di waktu ini, umumnya, Pengeluaran masih lebih besar meskipun sudah mulai ada pemasukan.

Tentukan awal waktu memperoleh keuntungan. Inilah yang ditunggu, ketika usaha mulai diharapkan sudah menghasilkan keuntungan.

Secara detail, anda juga perlu mempelajari tentang Break Event Point (BEP) atau Return of Investment (ROI). Anda perlu juga memperkirakan laju pertumbuhan bisnis dan juga penyusutan nilai faktor produksi.

Sulit? Tidak. Pada artikel berikutnya akan diberikan beberapa contoh proyeksi bisnis dan pembahasannya. (Baca: Tips Menyusun Proyeksi Bisnis – 2) In syaa Allah.

Baca Juga

teman sejati

Mencari Teman Sejati ? Begini Caranya

Ketahuilah teman sejati adalah yang tetap akan menjadi temanmu di dunia dan di akhirat. Karena …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *