Beranda / Tips / Hobi dan Perjalanan / Yang Perlu Diketahui Bagi Ibu Hamil Pengguna Layanan Kereta Api PT KAI

Yang Perlu Diketahui Bagi Ibu Hamil Pengguna Layanan Kereta Api PT KAI

Jendelainfo.com – Firman Allah subhanahuwata’ala di dalam Al-Qur’an:

وَوَصَّيْنَا الْإِنسَانَ بِوَالِدَيْهِ حَمَلَتْهُ أُمُّهُ وَهْنًا عَلَى وَهْنٍ وَفِصَالُهُ فِي عَامَيْنِ أَنِ اشْكُرْ لِي وَلِوَالِدَيْكَ إِلَيَّ الْمَصِيرُ

Artinya: “Dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang ibu-bapaknya; ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepada-Kulah kembalimu.” (QS. Luqman: 14)

Perlu diketahui bagi Ibu hamil pengguna layanan kereta api, bahwa PT Kereta Api Indonesia (Persero) memberlakukan aturan khusus bagi penumpang yang sedang hamil demi keselamatan dan kenyamanan penumpang yang bersangkutan selama perjalanan menggunakan jasa kereta api.

“Untuk meningkatkan pelayanan dan memberikan kenyamanan kepada penumpang kereta api khususnya ibu hamil, PT Kereta Api Indonesia memberlakukan ketentuan khusus bagi ibu hamil yang akan menggunakan jasa kereta api,” kata Manajer Humas PT KAI Daerah Operasi 9 Luqman Hakim dalam siaran persnya di Jember, Jawa Timur, Selasa.

Dalam ketentuan yang akan diberlakukan mulai 31 Maret 2017 tersebut, lanjut dia, calon penumpang yang hamil diperbolehkan naik KA jarak jauh di usia kehamilan 14 sampai dengan 28 minggu.

“Jika usia kehamilannya kurang dari 14 minggu atau lebih dari 28 minggu, maka ibu hamil tersebut wajib melampirkan surat keterangan dari dokter kandungan atau bidan yang menyatakan usia kehamilan pada saat pemeriksaan, kandungan ibu dalam keadaan sehat, dan tidak ada kelainan kandungan,” tuturnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *